Palopo, Estetika– Biro Kegiatan Mahasiswa Jurusan (BKMJ) Bengkel Sastra (Bestra) Dewan Mahasiswa (Dema) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menyabet gelar Juara Umum pada Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XV se-Sulselbar di Palopo, Jumat malam (1/11).

Gelar Juara Umum yang diraih Bestra berdasarkan banyaknya perolehan prestasi yang diperoleh diantaranya adalah Sutradara Terbaik, Penyaji Terbaik, Grup Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Pembantu Pria Terbaik, Pemeran Pembantu Wanita Terbaik, dan Set Terbaik. Selain itu, Bestra DEMA JBSI FBS UNM juga berhasil meraih penghargaan nominasi seperti Nominasi Pemeran Wanita Utama Terbaik, Nominasi Penata Kostum dan Tata Rias Terbaik, Nominasi Penata Lighting Terbaik, dan Nominasi Desain Grafis Terbaik.

Kepala Suku Bestra, Sulfiani, mengungkapkan bahwa prestasi Bestra pada ajang FTMI XV terwujud berkat dukungan dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah, bersyukur sekali masih bida dipertahankan dan memang untuk menjaga kepercayaan dan mempertahankan tidak mudah. Untuk menjadi juara umum ini tidak terlepas dari bantuan senior-senior Bestra, teman-teman Pengurus, calon anggota baru, teman-teman LK FBS, dan support dari semua elemen pastinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2016 membeberkan bahwa proses Bestra saat mengikuti FTMI adalah introspeksi dari kritikan yang diberikan.

“Strategi kami intinya belajar dari kritikan, latihan intens, dan kekompakan tim, berharap dengan Juara Umum ini tidak cepat puas yang diperoleh tapi menjadikan sebagai motivasi untuk mengintropeksi diri,” harapnya.

Penyerahan piagam penghargaan Aktor Pria terbaik di Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XV se-Sulselbar di Palopo, Jumat malam (1/11). Foto: Dok pribadi Bestra.

Di sisi lain, Pemenang Aktor Pria terbaik, Ardiansyah, mengaku bahagia menjadi pemenang aktor pria terbaik.

“Pastinya saya sangat bersyukur karena mendapatkan gelar aktor terbaik, saya tidak menyangka akan mendapatkan kategori tersebut. Target kemarin itu hanya nominasi. Intinya, saya merasa sangat bahagia,” bangganya.

Reporter: Lia Novela & Muhammad Nurul Ikram Kadir

Tim Estetika