Mon. Sep 21st, 2020

RUNAWAY DAY HMPS ACCESS DILUAR EKSPEKTASI PESERTA

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Access Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan kegiatan outdoor bertema Runaway Day, di Tanjung Bayang, pada Jumat-Sabtu (23-24/3).

Runaway Day atau Hari melarikan diri diangkat menjadi tema kegiatan tersebut untuk membawa mahasiswa lepas sejenak dari hiruk pikuk dunia perkuliahan.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 40 peserta dari Prodi pendidikan bahasa Inggris angkatan 2017 yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berisi 6-8 peserta dengan 2-3 orang pendamping yang bertugas mengawasi peserta.

Suasana diskusi film yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Runaway Day, Sabtu (24/3). Foto:Hikmah Hardiyanti/estetikapers.

Kegiatan dibuka dengan Forum diskusi Advokasi bertema Sharing with Access Gang (SWAG). Disini peserta diperkenalkan tentang lembaga kemahasiswaan serta kultur yang ada di FBS. Peserta juga dipersilakan untuk mengajukan berbagai pertanyaan sesuai dengan materi yang diberikan.

Kegiatan dilanjutkan dengan bedah film yang digagas oleh divisi pendidikan dan kemahasiswaan. Peserta dipertontonkan sebuah film yang bernuansa keilmuan. Setelah pemutaran film, peserta kemudian diminta untuk mengkritisi film tersebut. Peserta dapat menyampaikan pendapatnya didepan peserta lainnya.

HMPS Access juga mengadakan kuis untuk menguji pemahaman para peserta yang sebelumnya telah menerima materi. Setiap kelompok diberikan pertanyaan rebutan. Kelompok yang menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat, dinyatakan sebagai pemenang kuis dan berhak menerima hadiah yang disediakan oleh panitia.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi beasiswa. Access menghadirkan beberapa penerima beasiswa sebelumnya untuk memberikan tips-tips kepada mahasiswa lain tentang cara pendaftaran, persyaratan yang dibutuhkan serta cara menghadapi tes wawancara.

Suasana rangkaian kegiatan sosialisasi beasiswa oleh Access, Sabtu (24/3). Foto:Hikmah Hardiyanti/estetikapers.

Salah satu peserta yang berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris kelas Pare-Pare, Khalil Gibran, mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Sebenarnya kegiatan runaway day ini sangat diluar dugaan. Awalnya, saya pikir acara ini akan sama membosankannya dengan acara lain yang pernah saya ikuti. Namun, konsep yang fun tetapi tetap menyentuh ini membuat saya sangat berterima kasih dapat diikutkan dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia juga berharap agar kegiatan HMPS Acces lebih sering lagi diperadakan.

“Semoga kedepannya dapat lebih sering lagi mengadakan kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Reporter: Hikmah Hardiyanti

Leave a Reply

Skip to toolbar