Fri. Oct 30th, 2020

PERTAMA DI INDONESIA TIMUR, SANDIWARA TRAGEDI HAMLET AKAN DIPENTASKAN SASINDO 2016

Pongtiku, Estetika – Tim produksi Tapak Anantara mahasiswa Sastra Indonesia (Sasindo) angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar ( UNM ) mengangkat sandiwara tragedi “Hamlet” karya William Shakespeare sebagai naskah teater yang akan tampilkan di Gedung Kesenian Societeit The Harmonie, Makassar, Sabtu (12/5) mendatang.

Karya-karya William Shakespeare  merupakan awal dari berkembangnya drama di barat, termasuk drama tragedi pangeran Denmark “Hamlet”. Naskah drama Hamlet ini sendiri merupakan kisah tragedi yang terkenal di dunia dan akan ditampilkan untuk pertama kalinya di Indonesia Timur.

Sekretaris produksi, Lestari, mengungkapkan bahwa alasan dibalik pemilihan naskah “Hamlet” karena belum pernah ditampilkan di Indonesia Timur.

“Kami memilih naskah hamlet dengan melihat bahwa naskah hamlet merupakan naskah tragedi yang terkenal di dunia karya William Shakespeare dan baru pertama kalinya dipentaskan di Indonesia,” ungkapnya

Pimpinan Produksi, Dian Hezedila Sharon, menuturkan bahwa ada beberapa naskah yang menjadi pilihan untuk ditampilkan, namun naskah Hamlet tersebutlah yang akhirnya menjadi keputusan bersama.

“Awalnya ada beberapa naskah yang ditawarkan untuk dipentaskan, salah satunya ialah naskah Hamlet. Pemilihan naskah tersebut merupakan hasil musyawarah teman-teman dikelas dan dosen pengampuh,” ungkapnya.

Ditemui di tempat yang sama, Nilam selaku Sutradara, menjelaskan naskah ini mengisahkan perebutan kekuasaan kerajaan Denmark dan pembalasan dendam.

“Seorang raja yang diracun oleh saudaranya sendiri karena mahkota dan raja ingin pangeran Denmark balas dendam akan kematiannya,” ungkap wanita berambut pirang ini.

Lebih lanjut, perempuan berambut pirang ini mengatakan bahwa kesulitan dalam teater ini salah satunya dalam proses editing naskah.

“Kita melatih satu persatu pemain untuk berakting di atas panggung dan proses editing naskah yang diedit sendiri oleh mereka (Baca: Mahasiswa Sasindo 2016),” ujar mantan anggota Bengkel Sastra (Bestra) ini.

Pemeran Utama pementasan, Amir Tang mengungkapkan rasa syukur sekaligus bangganya karena dapat berpartisipasi dalam teater hamlet yang diadakan Sasindo angkatan 2016 ini.

“Saya bersyukur dan bangga karena dapat berpartisipasi dalam teater ini,” tuturnya.

Reporter: AM 8 ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar