Tue. May 26th, 2020

PBSI A 2014, PENGALAMAN BARU BELAJAR JURNALISTIK DI RADIO PRAMBORS

Kujungan media Pendidikan Bahasa dan Sastra FBS UNM di Stasiun Radio Prambors pada Kamis (6/4) / Dokumentasi PBSI A

Makassar, Estetika – Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) kelas A angkatan 2014, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), berkunjung ke Stasiun Radio Prambors pada Kamis (6/4), di Jalan Dr. Ratulangi, Makassar.

Kunjungan tersebut terkait lanjutan kunjungan media dalam mata kuliah jurnalistik yang diampu oleh Usman. Dalam kunjungan tersebut, PBSI A 2014 berkesempatan langsung melihat proses kerja mengolah stasiun radio.

Selain itu, mereka juga mendapatkan materi Jurnalistik Radio yang dibawakan langsung oleh Alisan Angela dan Sasa, penyiar radio Prambors Makassar. Alisan Angela, selaku pemateri pertama, memaparkan jadwal kerja dan program Radio Prambors yang mengangkat permasalahan lokal (lingkup Sulsel).

“Prambors buka mulai pukul enam pagi hingga pukul satu dinihari. Prambors juga merupakan radio yang masih mempunyai program lokal,” ujarnya.

Sementara pemateri kedua, Sasa, menjelaskan masing-masing program Prambors. “Program Prambors itu ada tiga; Program live, Spesial Program, dan Program Relay,” ujar mahasiswa lulusan Manajemen tersebut.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, program live biasanya berlangsung satu sampai dua jam, sementara spesial program mengambil tema tertentu untuk dibahas.

“Selain itu, ada juga program Relay yang merupakan siaran langsung dari pusat (Jakarta),” tambahnya.

Safariana, salah satu mahasiswa PBSI A mengungkapkan kesenangannya dapat berkunjung ke Prambors.

“Senang bisa berkunjung di Prambors. Ini pengalaman pertama berkunjung ke media radio dan sangat mengesankan,” ujar mahasiswa angkatan 2014 tersebut.

Reporter: Tim Estetika

 

Leave a Reply

Skip to toolbar