Peserta Open membacakan puisi Sapardi Djoko Damono “Selamat Pagi Indonesia”, Kamis (11/5). Foto: Irma Rahmayani.

Parangtambung, Estetika – Olimpiade Pendidikan (OPen) dan Pekan Pujangga 2017 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) di lapangan basket Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) berlangsung hingga sore tadi, Kamis (11/5).

Lomba membaca puisi yang dilaksanakan di Lapangan Basket FBS UNM, terdiri dari dua kriteria yaitu puisi wajib dan puisi bebas. Puisi wajib yang terpilih ialah puisi Sapardi Djoko Damono berjudul “Selamat Pagi Indonesia”.

Dila Dameryanti, salah seorang siswi dari MAN 3 Bone yang merupakan peserta lomba membaca puisi, mengungkapkan bahwa dia tetap optimis walaupun ini adalah tahun pertama dia mengikuti kegiatan OPen di FBS UNM.

“Kita tetap optimis saja walaupun sekolah kami baru pertama kali mengikuti kegiatan ini, tidak seperti sekolah-sekolah lain yang mungkin sudah sering ikut lomba disini,” ujar gadis kelahiran Jakarta itu.

Dia juga mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan sebenarnya masih minim secara keseluruhan.

“Hal ini karena pemberitahuan lomba baru datang satu minggu sebelum acara ini terlaksana, tadi malam baru dilatih sama kakak-kakak senior disekolah, ” ungkap Dila.

Selain itu, Ika Alfina Sari, juga mengatakan bahwa karena adanya kegiatan ini, dia bisa mendapat banyak pengalaman, ilmu dan bisa belajar secara gratis dari kakak-kakak yang berpengalaman.

“Kegiatannya sangat bagus dan memotivasi, saya bisa dapat banyak pengalaman, ilmu dan bisa belajar gratis disini, saya juga bisa belajar dari kakak-kakak yang sudah berpengalaman dan banyak bertemu dengan sekolah lain Se-Sulselbar,” tutup gadis kelas X itu.

Reporter : Desak Putu Putri

Estetika Tim