Source: INT

Makassar – Estetika, Dari tahun ke tahun, sebelum pelaksanaan Inaugurasi tingkat fakultas, tiap angkatan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) diberi nama angkatan. Angkatan 2014 berhasil mengusung nama ‘Mercusuar’ sebagai nama angkatan. Dilanjutkan dengan angkatan 2015 yang memberi sebutan ‘Punisher’ sebagai nama angkatan. Setiap nama angkatan mempunyai sejarah penamaan masing-masing.

Bagaimana dengan angkatan 2016?

Reporter Estetika, terjun langsung mewawancarai narasumber untuk mencari tahu hal ini.

Informasi yang dihimpun menyatakan bahwa tahun ini angkatan 2016 akan diberi nama angkatan Athena.

Athena, berasal dari nama Dewi dalam mitologi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan dan dikenal juga sebagai dewi strategi dan perang. Menurut legenda, Athena yang merupakan anak kesayangan Zeus ini dikenal sebagai Dewi yang kuat dan memiliki pemikiran yang cerdas sehingga disebut sebagai Dewi kebijaksanaan.

Muhajirin, salah satu Badan Perumus (BP) kegiatan pra Inaugurasi FBS UNM mengungkapkan, sebelum tercetusnya nama Athena nama Librarian yang berarti pustakawan sempat menjadi pilihan, namun usulan ini ditolak karena dirasa kurang mewakili karakter angkatan 2016.

“Pemberian nama Athena ini diusulkan oleh para senior dan disepakati oleh Badan Perumus. Nama ini dipilih karena dianggap lebih sesuai dengan angkatan 2016.”, ujar pria yang kerap disapa Pablo ini.

Selain itu, Muhammad Aslan Saputra selaku ketua panitia pra Inaugurasi 2016 mengharapkan angkatan ini dapat menanamkan karakter Athena dalam setiap pengambilan keputusan.

“Kami mengharapkan, angkatan 2016 ini dalam setiap pengambilan keputusan penuh disertai dengan kebijakan dan bukan hanya atas dasar pergerakan massa yang tidak memiliki pola pikir,” ujar mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jerman ini.

Reporter : Muh. Hasrun & Hikmah Hardiyanti (AM Estetika)

Estetika Tim