Wed. Sep 23rd, 2020

MEMBANGUN DAN MENJAGA NAPAS KOMUNITAS LITERASI MAKASSAR

Makassar, Estetika – Lamacca Creative Corner menggelar Temu Komunitas Literasi se- Makassar. Kegiatan yang mengangkat tema “Membangun dan Menjaga Napas Komunitas” ini di gelar di Pelataran Hotel La Macca Sabtu malam (16/9).

Temu Komunitas Literasi se-Kota Makassar merupakan salah satu bentuk apresiasi sastra dan seni yang di selenggarakan oleh Lamacca Creative Corner. Lamacca Creative Corner juga menghadirkan hiburan musik akustik, creative sharing, dan musikalisasi puisi. Kegiatan ini menghadirkan Faisal Oddang dan Sulhan Yusuf sebagai pembicara dalam creative sharing dan dipandu oleh Fachri Djaman.

Faisal Oddang (kiri) dan Sulhan Yusuf (tengah) saat menjadi pembicara dalam Temu Komunitas Literasi se-Makassar di pandu Fachri Djaman (kanan), Sabtu (16/9). Foto:estetikapers.

Faisal Oddang, salah seorang pembicara dalam kegiatan ini menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan kualitas dan kuantitas dalam komunitas.

“Literasi adalah budaya berfikir dalam baca tulis. Di Kota Makassar, komunitas literasi sudah menjamur dan sudah ada sejak dulu. Secara kuantitas, Komunitas literasi sudah memadai. Hanya saja, komunitas yang memiliki kuantitas keanggotaan yang banyak harus memiliki kualitas yang baik pula. Agar jangka komunitas tersebut tetap panjang,” ujar penulis Puya ke Puya ini.

Baca juga: Lamacca Creative Corner Persembahkan Temu Komunitas Literasi Makassar

“Peran komunitas literasi sudah sangat menunjang dalam perkembangan literasi di Makassar. Namun, kita perlu mengingat kembali, bahwa kualitas dan keseriusanlah yang harus terbangun dalam sebuah komunitas,” tambahnya.

Pembicara lain, Sulhan Yusuf salah satu penggiat literasi di Bantaeng menganggap mendirikan komunitas lebih mudah dibanding mempertahankannya.

“Banyak komunitas yang dibentuk dan dalam kurung waktu yang singkat akan berlalu begitu saja, itu diakibatkan karena kurangnya sikap kesukarelaan dan pluralisme,” ujar pria pendiri Boeta Ilmoe.

Reporter: St. Fatimah & Riska Aprilia

Leave a Reply

Skip to toolbar