Makassar, Estetika – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia (Sasindo) angkatan 2017 Dewan Mahasiswa (Dema) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) siap mementaskan teater Karaeng Pattingalloang di Trans studio Theme Park Makassar pada Rabu-Jumat (10-12/4).

Pementasan yang bekerja sama dengan Dewan Kesenian Makassar (DKM) ini bertujuan guna pemenuhan tugas pada mata kuliah Keterampilan Berdrama Indonesia yang diampu oleh Hajrah selaku dosen.

Suasana proses persiapan pertunjukkan Karaeng Pattingalloang di Benteng Fort Rotterdam, Jumat (29/3). Foto: Ridha Ilahi/Estetikapers.

Rosita Desriani, Pimpinan Produksi, menjelaskan bahwa persiapan telah sampai ke tahap penyajian.

“Untuk persiapan tentunya sudah sampai ke tahap penyajian atau pada tahap apresiasi tertinggi yaitu menuju produksi karena pertunjukannya insyaallah sudah dimulai besok,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan suka duka yang dialami selama proses persiapan pertunjukan teater Karaeng Pattingalloang ini.

“Sukanya itu pertemuan yang intens antara seluruh pihak yang terlibat dan menjadikan mereka menemukan ikatan, dukanya sendiri mereka harus mengorbankan banyak hal seperti waktu, tenaga, pikiran, kantong,” tuturnya.

Marwah Sari, salah seorang pemain dalam pertunjukkan teater Karaeng Pattingalloang, mengungkapkan bahwa dirinya telah siap memerankan salah satu tokoh dalam pementasan ini.

“Sejauh ini kesiapan saya sendiri dalam memerankan tokoh kurang lebih 95%. Tinggal tunggu pementasannya saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar teater Karaeng Pattingalloang dapat sukes di mata penonton.

“Harapanku jelas yang baik-baik semoga sukses, berjalan lancar dan memuaskan penonton. Apalagi pada pementasan ini ada dua nama yang kita bawa DKM dan UNM bahkan Prodi kami sendiri Sasindo,” tutupnya.

Reporter: Ridha Ilahi

Estetika Tim