Parangtambung, Estetika – Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Expo Kewirausahaan di Pelataran DG FBS UNM, Parangtambung, Rabu (5/12).

Suasana Expo Kewirausahaan Mahasiswa JBSI di pelataran DG FBS UNM. Rabu, (5/12). Foto: Rini Amriani/Estetikapers.

Expo Kewirausahaan ini dilaksanakan oleh tiga Program Studi (Prodi) JBSI, yakni: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) angkatan 2016, Sastra Indonesia angkatan (Sasindo) 2017, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) angkatan 2016. Kegiatan ini merupakan pameran produk berupa makanan dan aksesoris serta layanan jasa memotret yang merupakan aplikasi dari mata kuliah Kewirausahaan untuk memenuhi tugas akhir semester ganjil.

Usman, dosen mata kuliah Kewirausahaan, menjelaskan bahwa tujuan dari pameran ini untuk melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa.

“Tujuan kegiatan ini agar menjadi wadah inspirasi oleh mahasiwa untuk mengembangkan produk-produk yang berhasil dihasilkan dalam kesempatan ini,” Ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar kegiatan ini dapat diimplementasikan dan tidak sekadar penyelesaian tugas mata kuliah Kewirausahaan saja.

“Kalau bisa, semoga kegiatan ini tidak hanya sebatas tugas kuliah saja, setidaknya ini menjadi alternatif bagi mahasiswa yang ingin berpenghasilan sendiri,” harapnya.

Di sisi lain, Muhammad Fawaz Muzbaqah, salah satu panitia pelaksana dalam kegiatan ini, mengutarakan manfaat umum dan pribadi yang ia rasakan dari kegiatan ini.

“Saya rasa ini meningkatkan daya kewirausahaan mahasiswa JBSI dan kembali pada diri kita sendiri kalau ini bisa menjadi dasar kita berwirausaha kedepannya kalau sudah selesai kuliah, dan tidak mesti kerja sesuai lulusan,” ungkap mahasiswa angkatan 2016 tersebut.

Reporter : Rini Amriani

editor estetika