Sat. Oct 31st, 2020

LK II FBS UNM : PROSES KADERISASI BERKUALITAS, MENGHASILKAN KADER YANG BERKUALITAS

Makassar, Estetika Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan II (LK II) di Baruga Paralegal, Kassi-Kassi, Rappocini, Makassar, selama tiga hari, Jumat-Minggu (16-18/2).

Kegiatan yang bertemakan “Konsolidasi Gerakan LK FBS UNM” ini adalah lanjutan dari LK I yang telah dilangsungkan ditingkat jurusan beberapa saat yang lalu.

Dalam kegiatan ini ada beberapa tahap agar mahasiswa dapat menjadi peserta LK II. Selain telah mengikuti LK I di tataran jurusan masing-masing, peserta juga harus melengkapi kelengkapan berkas dan harus melalui proses screening selama tiga hari (9-13/2), di proses inilah peserta akan diseleksi.

Proses screening meliputi keilmuan, kemahasiswaan, keorganisasian peserta, dan peserta diminta membuat sekaligus mempresentasikan makalah yang dibuatnya. Adapun tema makalah yang akan disajikan, yaitu, “Menggugat Sistem Pendidikan melalui Basis Kebudayaan dan Literasi”. Pengumpulan makalah bersamaan dengan pengembalian formulir.

Dwi Rezki Hardiyanto, Sekretaris Jendral BEM FBS UNM, saat diwawancarai via telepon mengatakan, khusus ketua umum Lembaga Kemahasiswaan (LK) angkatan  2014, 2015 dan 2016 wajib ikut LK II.

“Khusus ketua lembaga rentan angkatan 2014, 2015, dan 2016 yang belum LK II Itu wajib mengikuti kegiatan ini untuk keberlansungan kualitas lembaga kedepannya. Namun juga fungsionaris LK menjadi prioritas peserta atas terlaksananya LK II ini,” ungkap mahasiswa yang sering disapa Ari ini.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, walau pun ketua-ketua umum diwajibkan ikut LK II, mereka tetap harus mengikuti tahap-tahapnya.

“Secara otomatis mereka (baca: ketua umum lembaga) juga harus mengikuti tahapan-tahapan dan forumnya”, lanjutnya.

Mahasiswa program studi Sastra Inggris ini juga mengatakan, LK II periode ini akan berlangsung rumit dan susah.

“Memang LK II di periode ini agak susah, untuk memperbaiki LK FBS UNM kedepannya maka kami menyajikan proses kaderisasi yang berkualitas demi menghasilkan kader-kader yang berkualitas pula,” pungkasnya.

Reporter: Siti Arisa E

Leave a Reply

Skip to toolbar