Mahasiswa FBS UNM menggelar aksi di depan gedung fakultas dalam rangka memperingati Hardiknas, Selasa (2/5). Foto: INT

Parangtambung, Estetika – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makasar (UNM) beserta seluruh perwakilan Lembaga Kemahasiswaan (LK)menggelar aksi memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di lapangan kampus FBS UNM, Selasa (2/5).

Dalam aksi tersebut LK FBS UNM mengangkat tiga tuntutan, diantaranya,normalisasi nominal UKT angkatan 2013, kejelasan pemerataan nominal UKT Prodi Bussines English, dan Pemberlakuan nominal UKT kelompok mahasiswa angkatan 2016 FBS UNM.

Kegiatan ini memberikan suguhan pembacaan puisi perlawanan di tengah-tengah aksi. Dua anggota Bengkel Sastra (Bestra) berturut-turut membacakan puisi, Rostan Yuniardi membacakan “Tahta Itu Candu”, sementara Ons membacakan puisi “Kata untuk Sebuah Sajak”. Selain itu, juga dinyanyikan lagi Darah Juang, serta pembacaan “Orasi Air Mata” oleh Muhajirin.

Ons saat membacakan puisi perlawanan berjudul “Kata untuk Sebuah Sajak” dalam aksi LK FBS UNM memperingati Hardiknas, Selasa (2/5). Foto: Muhammad Al-Israk

Aksi yang awalnya dimulai di lapangan basket sempat dipindahkan di depan gedung fakultas.

Achmad Zulhijrah, salah seorang pengurus BEM mengungkapkan bahwa aksi ini bertujuan menyuarakan aspirasi dari beberapa prodi dengan mengangkat tiga isu utama.

“Itu yang angkatan 2013 yang sudah tidak ada kuliahnya seharusnya sudah tida ada subsidinya dan jalur bidik misi kan kalau empat tahun langsung dicabut trus jika nominalnya masih sama kemana larinya ini uang,” ujarnya bernada curiga.

Ia pun menambahkan, pihak birokrasi telah melanggar Permenristek No. 39 tahun 2016 pasal 5 ayat 1.

“Untuk prodi Business dan jalur masuknya hanya diberlakukan satu jalur. Dan yang terpenting, secara terang terangan di tabel pembiayaan UNM tidak dicantumkan UKT golongan I untuk angkatan 2016 dan itu melanggar Permenristek no.39 tahun 2016 pasal 5 ayat 1,” tambah mahasiswa berambut gonrong ini.

Suasana mahasiswa FBS UNM memenuhi depan gedung fakultas dalam peringatan Hardiknas, Selasa (2/5). Foto: Muhammad Al-Israk.

Aksi ini mengharapkan pihak birokrasi dapat membuka dialog dengan pengurus LK untuk mendapatkan kejelasan terkait tiga permasalahan yang dituntut.

Reporter: Winda Cahyani

Estetika Tim