Dok. Lentera FBS/INT

Parangtambung, Estetika – Biro Kegiatan Mahasiswa Jurusan (BKMJ) Lentera memperingati Hari Kartini dengan menggelar Happening Art dalam bentuk teaterikal di kampus Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Jumat (21/4).

Happening Art yang dibalut dalam penampilan teaterikal diperankan oleh empat perempuan yang berperan sebagai dokter, siswa, guru, dan pemimpin wanita. Penampilan ini menceritakan proses panjang perjuangan R.A. Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan.

Dok. Lentera FBS/INT

Mery Dwi Anggraeni, salah seorang pemeran saat diwawancarai estetika via media sosial menjelaskan bahwa dulu perempuan Indonesia hanya dapat bersekolah sampai umur 12 tahun dan tinggal menunggu pinangan.

“Dengan perjuangan R.A. Kartini, sekarang perempuan Indonesia sudah bisa bersekolah lebih tinggi. Tidak hanya itu sekarangpun perempuan sudah bisa menjadi pemimpin,” ujar perempuan yang memerankan dokter ini.

Ia pun mengharapkan pentingnya memahami makna emansipasi yang telah di perjuangkan R. A. Kartini sejak dulu.

“Bukan hanya semata menganggap perempuan harus selalu disederajatkan dengan laki-laki. Sebab tidak semua hal bisa demikian,” ujar mahasiswa angkatan 2015 ini.

Menurutnya yang terpenting adalah bagaimana nantinya perempuan terlihat cerdas, mandiri, dan mampu menjaga harkat dan martabatnya.

Reporter: TIM Estetika (wawancara via media sosial)

 

Estetika Tim