Parangtambung, Estetika – Biro Kegiatan Mahasiswa Jurusan (BKMJ) LenterA, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Bincang-Bincang Seputar Budaya dan Sosial (Basa-Basi) di Pelataran Gedung DH FBS UNM, Kamis (9/5).

Suasana pemberian materi sosial media BKMJ LenterA di samping Gedung DH, kamis(9/5). Foto:AM 4 Estetika.

Dihadiri oleh 16 peserta, Basa-Basi LenterA mengusung tema “The hegemony of social media” yang bermakna perihal sesuatu yang mendominasi seseorang dalam memahami suatu hal tertentu agar usaha dan tujuannya tercapai. Diskusi ini menghadirkan M. Muhajirin selaku Trustee Council (TC) sebagai pemantik diskusi.

M. Muhajirin menjelaskan bahwa salah satu efek media sosial ialah seseorang cenderung pasif membicarakan hal-hal berada di dunia nyata.

“Jangan sampai termanfaatkan oleh sosial media yang seharusnya kamu yang memanfaatkan sosial media tersebut. Sosial media membuat kita lebih membicarakan hal-hal yang ada di dunia maya daripada membicarakan hal-hal yang ada di dunia nyata”, jelasnya.

Helvi Meisary selaku Kepala Dapartemen Dua Penelitian Budaya, mengaku bahwa Basa-Basi berkonsep ragam santai.

“Jadi kami mengusung konsep (Basa-Basi) seperti obrolan ringan, bicara-bicara santai seputar media sosial,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar anak muda zaman sekarang dapat menjadi netizen yang menggunakan sosial media dengan bijak.

“Saya harap anak muda zaman sekarang jadilah netizen yang baik dan jadilah pengguna sosial media yang bijak. Jangan sampai hal yang kita anggap kecil sekali bisa memberikan efek luar biasa kepada orang lain,” harapnya.

Reporter: AM 4 Estetika

Tim Estetika