Fri. Oct 30th, 2020

LAPORAN AWAL HINGGA AKHIR OUTDOOR PRA INAU: 220 PESERTA DIKUKUHKAN

Galesong, Estetika –  Langit mendung, pukul 14.49 Wita, di Lapangan Basket FBS UNM sebanyak 220 peserta Pra Inaugurasi resmi dilepas Presiden BEM FBS menuju lokasi outdoor, Jumat (10/11). Dengan membawa pembekalan lengkap, peserta Pra Inaugurasi menuju lokasi outdoor menggunakan transportasi umum. Sesuai jadwal, outdoor berlangsung selama tiga hari, Jumat hingga Minggu (10-12/11).

Peserta Pra Inaugurasi menuju lokasi outdoor, Jumat (10/11). Foto: Ririn/estetikapers.

Baca juga: Presiden BEM FBS Lepas Peserta Outdoor Pra Inaugurasi

Outdoor, Life Style Hingga Simulasi Aksi

Menjelang magrib, peserta Pra Inaugurasi telah berada di lokasi outdoor. Berbeda dengan Pra Inaugurasi yang lalu, outdoor kali ini para peserta dituntut untuk lebih mandiri. Berbekal perlengkapan seadaanya mereka meracik sendiri makanan yang bisa mereka makan selama berlangsungnya outdoor.

Materi pertama, Life Style FBS dibawakan oleh Andre Arisandi dan Ical. Dalam materi tersebut, kedua pemateri bergantian mengisahkan kondisi-kondisi FBS pada zaman dulu hingga sekarang. Hal yang disinggung salah satunya tentang persoalan pembekuaan 24 LK pada tahun 2011 hingga bangkitnya pergerakan LK FBS secara perlahan. Materi pertama berakhir pukul 23.00 Wita.

Pagi hari, Sabtu (11/11) pengurus LK se-FBS UNM berjejer di depan peserta Pra Inaugurasi. Dipandu Ketua Maperwa dan Presiden BEM FBS, sebanyak 20 LK memperkenalkan sistem kerja kelembagaan mereka masing-masing. Meski terik dan beberapa peserta pinsang selama perkenalan LK, kegiatan tersebut tetap digelar hingga selesai.

Salah satu peserta Pra Inaugurasi berorasi dalam simulasi aksi, Sabtu (11/11). Foto: Yujin/estetikapers.

Sekitar pukul 13.00 Wita, peserta mendapatkan materi manajemen aksi. Materi ini dibawakan oleh Dwi Rezki Hardianto dan Achmad Zulhijrah. Dalam materi tersebut, peserta dipahamkan mengenai proses pelaksanaan aksi, mulai persiapan pra aksi, pada saat aksi, dan pasca aksi. Barulah pukul 16.00 Wita, peserta menjalankan simulasi aksi. Beberapa panitia turut membantu berperan sebagai aparat. Spanduk membentang, satu persatu peserta Pra Inaugurasi berorasi dan bernyanyi. Meski sempat terjadi kericuhan, kegiatan ini berjalan hingga tahap evaluasi aksi.

Peserta Pra Inaugurasi melakukan Simulasi Aksi, Sabtu (11/11). Foto: Yujin/estetkapers.

Hujan deras yang mengguyur lokasi outdoor membuat tenda-tenda peserta tidak efisien untuk digunakan tidur. Peserta dialihkan menuju rumah yang ditempati panitia. Meski sesak, acara nonton bareng tetap di helat.

220 Peserta Pra Inaugurasi Dikukuhkan

Setelah sukses melaksanakan outdoor selama tiga hari, Jumat hingga Minggu  (10-12/17), akhirnya tiba pada acara puncak Pra Inaugurasi yakni pengukuhan mahasiswa baru  angkatan 2017 dengan nama angkatan Rausyanfikr di galesong, Minggu (12/17). Pengukuhan dilakukan dengan beberapa agenda seperti pemberian baju angkatan dengan logo yang identik dengan makna rausyanfikr serta menyanyikan lagu mars dan hymne FBS UNM.

Disela-sela sambutan pengukuhan, Fatmiati Nur Presiden BEM FBS UNM menyampaikan pesan kepada peserta Pra Inaugurasi untuk memperlihatkan bahwa angkatan mereka ada di kampus.

“Ketika teman-teman Rausyanfikr nanti di kampus, saya harap dapat memperlihatkan bahwa angkatan 2017 itu ada, silahkan bergabung di lingkaran kami,” ajaknya.

Baca juga: Rausyanfikr Jadi Nama Angkatan 2017, Ini Penjelasan dan Maknanya

Sebanyak 220 peserta yang bertahan hingga puncak acara pengukuhan peserta Pra Inaugurasi. Terdapat pula 5 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang rela menempuh jarak jauh dari pare-pare menuju galesong untuk mengikuti kegiatan tersebut. Salah satu mahasiswa tersebut Zul Adam Nur, mengaku senang mengikuti acara Pra Inaugurasi ini karena mendapat banyak pengalaman.

“Awalnya saya ikut ini Pra Inaugurasi karena penasaran, terus setalah saya jalani ternyata sangat menyenangkan karena dapat teman baru, kenalan baru, dapat materi tentang organisasi dan bisa rasakan suasana satu angkatan,”  ujar lelaki yang akrab disapa Adam ini.

Suasana pengukuhan peserta Pra Inaugurasi Angkata 2017 Rausyanfikr, Minggu (12/11). Foto: Ririn/estetikapers.

Selain itu kepuasan tersendiri diungkapkan oleh ketua panitia Pra inaugurasi Muhammad Ridho karena sukses melaksanakan kegiatan Pra Inaugurasi mulai indoor hingga outdoor.

“Saya sangat bersyukur dan leg karena sampai acara selesai semangat peserta tidak pernah turun, meskipun ada beberapa kendala. Semoga setelah ini peserta tetap bisa menjaga kesolidaritasan mereka dan dapat mengamalkan semua ilmu yang mereka dapat di Pra Inaugurasi ini,” tutupnya.

Reporter: Nurfajriani R

Leave a Reply

Skip to toolbar