Fri. Oct 30th, 2020

LANGKAH MAPERWA FBS UNM DALAM MEREGENERASI PENGURUS LK

Makassar, Estetika – Beberapa waktu belakangan ini, Lembaga Kemahasiswaan (LK) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) tengah disibukkan dengan pergantian kepengurusan. Mulai dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Biro Kegiatan Mahasiswa Jurusan (BKMJ) hingga Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF) telah melakukan musyawarah demi memperbarui kepengurusannya di periode 2017/2018, Kamis (1/3).

Namun, ada yang berbeda dari Musyawarah Program Studi (Musprodi) beberapa HMPS kali ini. Tombak kepengurusan beberapa HMPS periode 2017/2018, yang seharusnya dipegang oleh angkatan 2015, justru diambil alih oleh angkatan 2016.

-Kutipan langsung bahwa ini sebenarnya berupa himbauan-

Himbauan Maperwa untuk Regenerasi yang Ideal

Kamis, 21 Desember 2017 yang lalu, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) melaksanakan Tudang Sipulung yang merupakan pertemuan dengan seluruh elemen HMPS dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Dalam pertemuan itu, Maperwa memberikan himbauan agar kepengurusan himpunan di tingkat program studi (HMPS) dipegang oleh angkatan 2016, sedangkan di tingkat jurusan (HMJ) dipegang oleh angkatan 2015, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta Maperwa oleh angkatan 2014.

Wahyu Gandhi, Ketua Maperwa FBS UNM, saat diwawancarai melalui aplikasi pesan Whatsapp mengaminkan adanya himbauan tersebut.

“Kami dari Maperwa memberi himbauan sebagai pertimbangan agar yang menjadi pengurus adalah angkatan 2016 untuk HMPS, 2015 untuk HMJ dan BEM-Maperwa akan diurus oleh angkatan 2014,”ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa adanya himbauan tersebut untuk mewujudkan regenerasi yang ideal.

“Keputusan ini dengan pertimbangan seperti jenjang semester, peraturan kemahasiswaan dan regenerasi yang ideal,” lanjutnya.

Saat ditanyai mengenai adanya salah satu himpunan di tingkat prodi yang tak mengindahkan himbauan tersebut, lelaki yang akrab disapa Wira ini pun menjelaskan bahwa himbauan tersebut tidak bersifat wajib.

“Namanya himbauan boleh diikuti boleh tidak. Hal itu dibenturkan kembali pada persoalan kepercayaan masyarakat atau kebutuhan lembaga. Tidak ada hak BEM-Maperwa mengintervensi lembaga di tingkat prodi,” jelasnya.

Hanya saja, ia menyayangkan bahwa hal tersebut dapat mengurangi hak berlembaga mahasiswa.

“Meskipun, itu bisa saja mengurangi hak berlembaga mahasiswa yang sudah memasuki semester VI, namun masih mengurus di lembaga tingkat program studi. Di FBS masih ada lembaga tingkat jurusan, dan fakultas yang membutuhkan pengurus-pengurus yang sudah teruji,” pungkasnya.

Daftar Ketua-Ketua LK yang Ada di FBS UNM

Hingga awal Maret ini, semua HMPS telah melaksanakan Musprodi, yakni Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, HMPS Sastra indonesia (Sasindo), HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD), HMPS Pendidikan Bahasa Inggris (Access), HMPS Sastra Inggris (Prasasti) , HMPS Business English (BeCreat), HMPS Pendidikan Bahasa Jerman (Deutsch), dan HMPS Pendidikan Bahasa Mandarin (Han Shi Ren) serta HMPS Pendidikan Bahasa Arab (‘Arsy).

Untuk Biro Kegiatan Mahasiswa Jurusan (BKMJ), LenterA BEMJ Bahasa Inggris sudah melakukan pergantian kepengurusan, sedangkan Bengkel Sastra (Bestra) JBSI, belum melakukan regenerasi kepengurusan sejauh ini.

Sementara untuk BKMF, hanya 3 dari 4 BKMF di FBS telah melaksanakan sidang pergantian pengurus. BKMF tersebut diantaranya, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Estetika, Pusat Dakwah Mahasiswa Muslim (Pusdamm) dan Lembaga Transformasi Intelektual Mahasiswa (eLTIM). Sedangkan, satu BKMF lainnya, Mahasiswa Pecinta Alam dan Seni (MPAS) Maestro, belum melakukan sidang pergantian pengurus sampai berita ini diterbitkan.

Daftar nama ketua-ketua HMPS, BKMJ dan BKMF periode 2017/2018:

Berikut adalah nama-nama Ketua Lembaga Kemahasiswaan (LK) FBS UNM tingkat Prodi, Jurusan dan Fakultas yang sudah melakukan sidang pergantian pengurus.

1) Ketua-Ketua LK tingkat Prodi/ HMPS yang ada di FBS UNM:

– Saenal Masri, Himaprodi PBSI, menggantikan ketua umum periode sebelumnya, Muhammad Musawir pada Musprodi yang dilaksanakan di Kabupaten Maros (2-4/6/17).

– Moch. Ibnu Fiha Al-Habsy, menjadi ketua umum pertama HMPS Han Shi Ren Mandarin, pada Musprodi yang dilaksanakan di Tinggimoncong, Malino, Gowa (17/12/17).

– Rostan Yuniardi, HMPS Sasindo, menggantikan ketua umum periode sebelumnya, Ita Apriani, pada Musprodi yang dilaksanakan di Kecamatan Tinggimoncong, Gowa (17/12/17).

– Humairah, HMPS BeCreat, menggantikan Ahmad Saifullah pada Musprodi yang dilaksanakan di Malino (17/12/17).

– Muh. Fardiansyah Irwan, HMPS Access, menggantikan Fatir Imran pada Musprodi yang dilaksanakan di Malino (21/12/17).

– Ihsan, HMPS Deutsch, menggantikan Samsam pada Musprodi yang dilaksanakan di Malino (24/12/17).

– Andi Fatwa Anugrah, HMPS PBSD, menggantikan ketua umum periode sebelumnya, Arrahman, pada Musprodi yang dilaksanakan di Rumah Adat Pinrang, Somba Opu (24/12/17).

– Nur Amalia Amir, HMPS Prasasti, menggantikan Meldawati pada Musprodi yang dilaksanakan di Sekretariat HMJ Bahasa Inggris FBS UNM (8/1/18).

– Ahmad Irfan terpilih sebagai ketua umum
HMPS PBA ‘Arsy, menggantikan Fadil Abdillah, dalam Musprodi yang berlangsung di Gedung Pusat Bahasa Arab lt.3, Kamis (8/2/18).

2) Ketua LK tingkat Jurusan/ BKMJ FBS UNM:

– Sulkifli, Presiden Direktur LenterA menggantikan Andi Siti Nur Amalia pada Musyawarah Besar LenterA yang dilaksanakan di Sao Panrita (29/10/17).

3) Ketua-Ketua LK tingkat Fakultas/ BKMF yang ada di FBS UNM:

– Maya, Ketua Umum eLTIM, menggantikan Sulqadri Rani, pada Musyawarah Organisasi yang dilaksanakan di Malino (19/5/17).

– Andi Muh. Al-Israk, Pimpinan Umum LPM Estetika, menggantikan Pimpinan Umum periode sebelumnya, Yuswandi, pada Kongres yang dilaksanakan di Tombolo Pao, Malino (3/12/17).

– Muh. Rezky Ketua Umum Pusdamm, menggantikan Erwin pada Mukhtamar yang dilaksanakan di Mesjid Muttahida, Barambong (18/2/18)

Reporter: Tirta Ningtyas Alifia

Leave a Reply

Skip to toolbar