Sun. Sep 27th, 2020

KEBAKARAN DI GEDUNG JURUSAN BAHASA INGGRIS

Makassar, Estetika Kebakaran terjadi di Gedung Jurusan Bahasa Inggris Lantai 2 Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Minggu (19/11), sekitar pukul 00.30 WITA dini hari.

Kebakaran di lantai dua Gedung Jurusan Bahasa Inggris. Foto : Netizen report/Dokumentasi Pribadi.

Menurut salah seorang saksi, Muhammad Fadel Rahman mengungkapkan bahwa kebakaran sebenarnya terjadi di Gedung Bahasa Inggris UNM.

“Gedung Jurusan Bahasa Inggris itu (read: terbakar), bukan Bahasa Asing. Itu ruangan dosen bahasa inggris”, ungkapnya melalui pesan Whatsapp.

Saat kebakaran terjadi, Fadel yang merupakan anggota Bengkel Sastra (Bestra) sedang berkumpul bersama anggota lain di Panggung Daeng Pamatte Bestra. Ia pun tak menyadari bahwa kebakaran terjadi dengan cepatnya.

“Saya yang kulihat awalnya lampu di lantai 2 berkedip , setelah itu mulai ada yang menyala dari ruangan yang kebakaran, entah itu api atau lampu karna warnanya hampir seperti api terus seperti lampu berkedip-kedip sekitar 15 menit baru bisa dipastikan kalau di atas kebakaran karena asapnya sudah mulai keluar lewat celah lubang saluran AC”, terangnya lebih lanjut.

Di tempat lokasi dan waktu yang sama,
saksi lainnya, Alamsyah Alimuddin menuturkan bahwa ia dan rekannya langsung menghubungi pemadam kebakaran. Selang hampir sejam kemudian, sebanyak empat mobil pemadam kebakaran tiba di tempat, namun hanya dua yang dikerahkan dan api pun berhasil dipadamkan setengah jam kemudian.

“Kita langsung telpon pemadam, dek. Tapi lumayan lama datangnya, hampir sejam. Api juga baru padam sekitar setengah jam”, pungkasnya.

Konsleting Listrik diduga Penyebab Kebakaran

Penyebab kebakaran yang terjadi di Gedung Jurusan Bahasa Inggris diduga merupakan konsleting pendek arus listrik. Hal tersebut diutarakan salah seorang saksi, Alimuddin Alamsyah yang saat itu berada di lokasi.

“Sekitar jam setengah 1 malam kebakarannya. Listriknya yang di gedung bahasa Inggris koslet tiba-tiba, terus terbakarmi bagian dalam”, jawabnya ketika ditanyai via chat.

Kondisi gedung jurusan bahasa inggris yang terbakar terlihat masih dijaga ketat oleh beberapa satpam hingga siang tadi, Minggu (19/11).

Kondisi akhir gedung jurusan bahasa inggris yang terbakar. Foto : Eugenia/estetikapers.

Hal tersebut terbukti saat salah seorang reporter Estetika yang tidak dapat mengambil gambar dari dalam ruangan yang terbakar. Namun dari luar gedung, warna hitam bekas kebakaran terlihat jelas di tembok sekitaran kaca ruangan.

Kondisi terakhir dari gedung bahasa inggris
yang disampaikan oleh salah seorang panitia Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XIII yang sore tadi berada di kampus FBS UNM, Suaib Syamsul mengatakan sekitar pukul 15.13 WITA baru saja dilakukan forensik terkait untuk menemukan bukti-bukti penyebab kebakaran terjadi.

“Kalau kondisi ruangannya sekarang saya tidak tahu, karena di lantai dua ki. Tapi baru sudah diforensik”, ujarnya.

Reporter : Suhartini Lestari & Nur Syahbani Tenri Waru

Leave a Reply

Skip to toolbar