Parangtambung, Estetika – Berdasarkan jadwal kalender akademik Universitas Negeri Makassar (UNM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) memasuki pekan ujian akhir semester ganjil 2018/2019 (3/12).

Kasubag Akademik FBS UNM, Muhammad Ichwan Suwahab saat ditemui di kantor birokrasi FBS UNM, Senin (3/12). Foto: Sinta/Estetikapers.

Berkaitan dengan hal tersebut, Muhammad Ichwan Suwahab, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Akademik FBS UNM saat ditemui di ruangannya, mengungkapkan bahwa pelaksanaan ujian akhir semester dilaksanakan pada Senin-Jumat (3-14/12) sesuai dengan jadwal kalender akademik.

“Seharusnya final baru dimulai hari ini, sesuai dengan kalender akademik. Tapi, jika jumlah pertemuan mata kuliah memang sudah terpenuhi, maka itu merupakan hak dosen untuk melakukan final lebih awal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia juga menegaskan bahwa segala perihal mengenai jadwal perkuliahan dapat dilihat pada kalender akademik.

“Kalau mahasiswa mau tahu kapan jadwal ujian, penginputan nilai, ataupun libur silahkan lihat pada kalender akademik karena di situ sudah tertera dengan jelas dan lengkap,” tegasnya.

Di sisi lain, ternyata pelaksanaan ujian tersebut ada yang tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dikarenakan terdapat mata kuliah melaksanakan ujian akhir semester lebih awal daripada mata kuliah yang lainnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Nur Alim B,
Mahasiswa program studi (Prodi) Sastra Inggris, mengaku bahwa kelasnya sudah melaksanakan ujian final dari beberapa mata kuliah.

“Ada beberapa mata kuliah yang sudah final di kelas saya dan saya senang kalau dimajukan karena hal itu kita lebih cepat libur,” ujarnya saat diwawancarai melalui WhatsApp.

Reporter: Sinta & Nurul Aisyah

Tim Estetika