Sun. Sep 27th, 2020

KAJIAN LINGUISTIK CERMAT HIMAPRODI: TRIK MENGHADAPI DOSEN

Makassar, Estetika Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Kajian Linguistik Cermat (Kalimat) pada pukul 14.45 Wita di ruang DG 103 FBS, Parangtambung, Jumat (3/4).

Kajian linguistik yang mengangkat tema “Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen” ini dibawakan oleh Usman, salah satu Dosen Bahasa Indonesia FBS. Kegiatan ini juga merupakan salah satu program kerja bidang linguistik Himaprodi.

Usman, saat membawakan materi kajian linguistik cermat : Trik Menghadapi Dosen (3/4). Foto: Rini Amriani/Estetikapers.

Pada saat membawakan materi, dosen berkacamata ini mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa saat ingin bertemu dengan dosen, yaitu:
1. Hindari waktu-waktu sibuk;
2. Ketika ingin bertemu dosen, pandai-pandailah membaca raut wajahnya;
3. Anda harus pintar memainkan peran;
4. Jangan memaksa dosen;
5. Jangan kaku saat berbicara denga dosen;
6. Jika ada dosen yang suka PHP saat ingin ketemu, anggap itu proses yang harus dijalani, jangan marah dan dendam karena itu tidak akan berguna.

“Ketika kita ingin berkomunikasi dengan dosen, pasti ada yang ingin kita capai, untuk itu kita harus tahu etika,” jelas dosen Bahasa Indonesia tersebut.

Selain itu, Nursyahriani, Ketua Bidang Linguistik, menyampaikan tujuan diadakannya kajian ini yaitu untuk menambah wawasan mahasiswa.

“Tujuan kajian ini selain sebagai program kerja Himaprodi, yaitu untuk menambah wawasan linguistik dan kaderisasi Bahasa Indonesia mahasiswa, serta mempererat tali silaturahmi,” ungkapnya.

Reporter: AM 5 ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar