Fri. Sep 25th, 2020

JADI PEMENTAS PERTAMA FTMI XIII, UKM BENGKEL SENI BASSI UNISMUH PENTASKAN NASKAH 1792

Makassar, Estetika – Hari pertama Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XIII se-Sulselbar diselenggarakan di gedung Amanagappa, Jumat, (24/11). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bengkel Seni Bassi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) menjadi penampil pertama dengan mengangkat naskah 1792 (baca : satu tujuh sembilan dua).

Ratusan penonton memenuhi gedung pertunjukan. Naskah 1792 dipentaskan selama 1 jam 12 menit. Usai pentas, naskah tersebut didiskusikan dalam bentuk sharing karya. Sharing karya ini dilakukan di gedung yang terletak di sebelah kiri Amanagappa.

Sharing karya bersama para aktor dan staf produksi UKM Bengkel Seni Bassi Unismuh usai pementasan naskah 1792, Jumat (24/11). Foto: Suhartini Lestari/estetikapers.

Eni, peserta FTMI XIII menganggapi pementasan 1792, bagi dia meski naskah penampilan UKM Bengkel Seni Bassi Unismuh tampil dengan baik, namun tetap tidak lepas dari beberapa kekurangan, terutama bagian dialek.

“Pementasannya bagus, apalagi didukung sama aktor yang mampu membuat penonton tertawa. Setting panggungnya juga mendukung. Hanya kekurangan saya lihat dari dialek,” kata perempuan yang bergabung di UKM Seni UNM ini.

Areul selaku penulis naskah 1792 mengatakan, judul naskah tersebut  dia ambil dari tanggal dan tahun lahirnya, 17 September 1992. Naskah ini digarap kembali oleh UKM Bengkel Seni Bassi Unismuh sehingga memiliki arti baru yakni satu naskah, tujuh lakon, sembilan babak, dan dua latar yang berbeda yaitu Bugis dan Mandar.

Areul, mengungkapkan rasa bangganya karena sudah dua kali naskahnya di pentaskan. Naskah pertamanya telah di pentaskan pada FTMI XII di Mandar.

“Rasa bangga ada, karena ini sudah ke dua kalinya naskah saya dipentaskan. Sebelumnya naskah pertama saya sudah dipentaskan di FTMI XII di Mandar,” katanya.

Lebih lanjut ia berterima kasih kepada UKM Bengkel Seni Bassi Unismuh karena telah menampilkan naskah 1792 di FTMI XIII Bestra.

“Terima kasih untuk UKM Bengkel Seni Bassi Unismuh. Saya mencintai kalian lebih daripada diri saya sendiri,” tutupnya.

Reporter: Suhartini Lestari

Leave a Reply

Skip to toolbar