Mon. Sep 21st, 2020

HMPS PBSD KENALKAN PENTINGNYA ADAB DALAM PENDIDIKAN MELALUI KRITIS

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Kajian Rutin Intelektual Relegiusitas (Kritis), Rabu (5/8).

Kajian rutin yang dihadiri 27 peserta ini membahas mengenai pentingnya adab untuk membangun pendidikan Indonesia yang berkualitas dan menghadirkan Syamsuar Hamka sebagai pemateri.

Pemateri Kritis, Syamsuar Hamka, menjelaskan tentang pentingnya adab dalam pendidikan.

“Pentingnya Adab dalam pendidikan untuk meletakkan segala sesuatunya tetap pada porsinya, seperti transfer ilmu (kognisi), keterampilan (skill), dan transfer nilai (baik dan buruk),” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan tujuan pendidikan yaitu melahirkan orang-orang beradab dan cerdas.

“Tujuan pendidikan tidak lain dan tidak bukan untuk melahirkan orang-orang yang secara individu beradab dan cerdas. Jadi sebelum mereka menguasai keterampilan intelektual maka terlebih dahulu dia harus menjadi orang yang sholeh. Manusia yang berbudi pekerti, memiliki integritas, dan kualitas akhlak yang baik,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan pentingnya adab sebagai pondasi tiap-tiap individu dan komponen dalam pendidikan.

“Adab ibarat pondasi yang harus kokoh dalam diri tiap-tiap individu sebagai komponen penting dalam pendidikan itu sendiri. Urgensi adab tidak akan pernah lepas dengan pendidikan karakter, nilai, dan moral,” tambahnya.

Anggota divisi Hubungan Masyarakat (Humas), Ratna Sari, menjelaskan tujuan diadakannya kajian ini.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan kita terhadap nilai-nilai Islam khususnya poin adab pada kajian hari ini,” tuturnya.

Reporter: Tim Estetika

Leave a Reply

Skip to toolbar