Barru, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Dewan Mahasiswa (Dema) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Seminar Literasi sebagai rangkaian Bakti Sosial (Baksos) Himaprodi Mengabdi, di Bola Sobae Kabupaten Barru, Kamis(31/1).

Suasana Seminar Literasi “Membangun Generasu Berkarakter Melalui Literasi” di Bola Sobae Kabupaten Barru. Kamis, (31/1). Foto: Rini Amriani/Estetikapers.

Kegiatan ini menghadirkan Akhiruddin, Asri Ismail, dosen Bahasa Indonesia UNM, dan Badaruddin, sastrawan Sulawesi Selatan sebagai pembicara, serta diikuti oleh 41 guru sekolah dan 73 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini dibuka langsung oleh Suardi Saleh, Bupati Kabupaten Barru sekaligus sebagai salah satu pembicara.

Suardi Saleh, Bupati Kabupaten Barru, mengungkapkan bahwa bukan hanya literasi dalam seminar, namun harus disertai tindakan yang perlu dibuktikan.

“Literasi seharusnya dibuktikan dengan meningkatkan kecerdasan, bukan hanya guru namun juga siswa-siswa sehingga dapat memahami IPTEK dengan baik,” ungkapnya.

Akhiruddin, salah seorang pembicara, mengungkapkan bahwa selayaknya sebagai peserta didik mampu menjadi generasi literat.

“Pendidik merupakan garda terdepan dalam mewujudkan peserta didik menjadi generasi literat dengan mengasah kompetensi dan berbagi dedikasi terbaik kepada mereka,” ungkapnya.

Di sisi lain, Muh Syahrul Mubaraq, Ketua Panitia Baksos Himaprodi, mengaku bangga dengan dukungan Bupati Barru terhadap kegiatan ini.

“Saya pribadi merasa bangga dan syukur dengan adanya dukungan besar dari Bupati Barru menyambut kami di Barru,” ungkap mahasiswa angkatan 2016 tersebut.

Reporter: Rini Amriani

Estetika Tim