Barru, Estetika – Bakti Sosial (Baksos) Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Dewan Mahasiwa (Dema) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) di SMK Negeri 2 Barru, Kabupaten Baru, Senin (29/1).

Suasana GCBI di kelas XII TKJ SMK Negeri 2 Barru. Foto: Rini Amriani/Estetikapers.

Kegiatan yang telah memasuki hari kedua ini adalah pemaparan materi mengenai “Mengapa Kita harus Mencintai Bahasa Indonesia” di kelas XII Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Barru dan bertujuan untuk menjelaskan tentang pentingnya bahasa Indonesia yang diikuti oleh 32 siswa.

Amastasha, salah seorang pemateri GCBI, mengungkapkan alasan mencintai bahasa Indonesia adalah untuk melestarikannya.

“Kita harus melestarikan bahasa kita sendiri, karena kalau bukan kita sebagai anak bangsa yang mencintai bahasa Indonesia, siapa lagi,” ungkap mahasiswa angkatan 2016 tersebut.

Di sisi lain, Alif Muller, pemateri GCBI lainnya, mengungkapkan jika sebenarnya bahasa Indonesia itu tidak mudah, untuk itu kita harus mempelajarinya sebagai anak bangsa.

“Sebenarnya Bahasa Indonesia itu bisa dibilang lebih sulit jika dibandingkan rumus-rumus matematika, karena itulah alangkah pentingnya kita mempelajari Bahasa Indonesia sebagai kebanggaan kita,” ungkap mahasiwa Program Studi (Prodi) PBSI tersebut.

Mila Karmila, salah seorang siswi SMK Negeri 2 Barru, mengungkapkan bahwa kegiatan GCBI tidak hanya memaparkan materi tetapi juga mengajarkan siswa mengenai trik menjawab soal Bahasa Indonesia dalam ujian.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, kita diajarkan juga trik menjawab soal, karena kan cara guru kami menjelaskan beda-beda jadi dengan kedatangan kaka bisa memberi kami pelajaran juga,” ungkap siswi kelas XII TKJ tersebut.

Reporter: Rini Amriani

Tim Estetika