ESTETIKA
– Kesenian merupakan salah satu bidang pembicaraan yang cukup luas cakupannya, dan drama juga merupakan bagian dari hasil kesenian itu. Tidak bisa dipungkiri, drama juga sangat erat hubungannya dengan beberapa cabang seni lainnya seperti;  seni tari, seni musik, seni suara, seni peran, dan seni sastra.

Dengan menggabungkan seluruh seni tersebut,  hingga tercipta drama musikal, seperti yang ditampilkan oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada acara yang bertajuk drama musikal “HAIRSPRAY”, yang bertempat di gedung Auditorium Amanagappa, Jumat (16/12/16).

Adalah sinrilik, alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang menjadi daya tarik dari pementasan drama musikal yang notabene pementasan kelas internasional yang teramu dengan budaya etnis lokal Makassar.

Narasi yang dibacakan dengan diiringi gesekan sinrilik, bahkan membuat salah seorang warga negara asing, Meila, yang sempat hadir sangat mengapresiasi acara ini.

Amaizing, sangat bagus”, tuturnya sembari tersenyum. “Keunikannya pada laki-laki yang bermain gitar tradisional itu (sinrilik)”, lanjut perempuan berkulit putih itu.

Euforia pementesan juga dinikmati oleh Uly Panjaitan, mahasiswa penerima beasiswa Permata ( Pertukaran Mahasiswa Tanah Air) asal Universitas Negeri Medan (Unimed). Menurutnya, apa yang ditampilkan pada drama musikal Hairspray ini sangat unik.

“Pertama kali saya menyaksikan pementasan unik seperti ini, keren”, ujar mahasiswa yang akrab disapa Uly ini.

Sama halnya dengan Ayakirina Rahmatuzahra Utami, mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unversitas Negeri Yogjakarta (UNY) yang juga penerima beasiswa Permata ini, merasa sangat antusias.

“Unik, meskipun pementasannya keseluruhan berbahasa asing, tapi tidak meninggalkan budaya lokal,” ujar mahasiswa yang kental dengan aksen Jawanya ini.

Persiapan yang matang adalah kunci dari kesuksesan, seperti itu yang diungkapkan Revan, salah seorang demisioner Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Lentera.

 “Persiapannya anana itu hampir setahun, sejak awal Januari 2015 itu, mulai mi olah tubuh,” tuturnya antusias.

Suka cita pelakon drama mengakhiri acara pementasan HAIRSPRAY malam hari itu. […]


SYAHRULLAH HIDAYAT |
LPM ESTETIKA-FBS-UNM

Estetika Tim