Parangtambung, Estetika
– Genius on Mathematics in Real Application (Geometri) 2017 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Makassar (UNM), yang digelar selama empat hari, Rabu hingga Sabtu (1-4/2) telah usai. Pengumuman kompetisi matematika untuk pelajar se-Sulselbar ini di helat di gedung FF 104 FMIPA. Sekolah Islam Athira dengan menggunakan kostum merah maaron menggemakan teriakan semangat “Unggul, Unggul, Cerdas” ketika diumumkan menjadi juara umum tingkat SD dan SMP. Sementara di tingkat SMA, juara umum diraih oleh SMA Negeri 1 Barru.

Ikhsan selaku pembimbing Sekolah Islam Athira mengaku siswanya memang disiapkan untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN).
“Kami ada sistem karantina, tapi target utamanya itu OSN. Ajang-ajang seperti ini dijadikan untuk menguji kemampuan,” ujarnya.

Dua siswa Islam Athirah menjadi sorotan di Geometri 2017 yakni Andi Pangeran Maulana Ibrahim (SD) dan Novelia (SMP). Pasalnya keduanya mendapat piala lebih dari satu pada lomba yang berbeda. Andi Pangeran meraih tiga piala juara satu tingkat SD, diantaranya Lomba Cepat Tepat Matematika individu, Lomba Cepat Tepat Matematika Grup, dan D 1st Grade in Mathematics. Sementara Novelia meraih dua piala juara satu tingkat SMP, yakni Lomba Cepat Tepat Matematika individu dan grup.

Akhsan menambahkan, kedua siswa tersebut memang pernah mencapai tingkat internasional dalam olimpiade.
“Andi Pangeran itu tahun 2016 juara dua olimpiade matematika di Thailand. Novelia juga jebolan tingkat internasional 2015 di Singapura dan meraih medali perunggu.” tutupnya.

Reporter: Nur Anita Syamsi

Estetika Tim