Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (Narasi) 2018 pada Sabtu (17/11) mendatang.

Kegiatan yang mengusung tema “Bahasa dan Sastra Indonesia Responsif Budaya untuk Penguatan Karakter Bangsa di Era Industri 4,0” ini akan menghadirkan pakar budaya asal Universitas Negeri Malang (UM) Imam Suyitno yang merupakan guru besar yang ahli dalam ilmu linguistik dan budaya.

Selain itu, ada beberapa pembicara yang akan dihadirkan, yaitu Husain Syam yang merupakan rektor UNM, Suminto A. Sayuti, Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Salam, Dosen Linguistik UNM, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa.

Ilham, Ketua Umum Himaprodi, mengungkapkan bahwa Narasi ini merupakan pertama kalinya diadakan oleh Himaprodi sebagai Program Kerja (Proker) kepengurusan 2018/2019 dengan tujuan melibatkan daya kreatifitas sebagai salah satu upaya untuk menyalurkan ide-ide dan menghadirkan wadah diskusi bagi sivitas akademika Universitas Negeri Makassar.

“Narasi ini pertama kali diselenggarakan oleh Himaprodi yang mengharapkan gagasan akademik dari para dosen, guru, mahasiswa serta pemerhati pendidikan. Gagasan tersebut akan disumbangkan dalam pengembangan keilmuan khusunya pendidikan dan mampu meningkatkan mutu dari pendidikan itu sendiri, kemudian kegiatan ini merupakan suatu ajang silaturahmi,” ungkap mahasiswa angkatan 2016 tersebut.

Seminar yang akan digelar di ruang teater menara Phinisi UNM ini akan terbagi dua, yaitu Seminar Nasional dan Seminar Paralel (Makalah Prosiding) yang melibatkan akademisi dari berbagai perguruan tinggi. Dan kegiatan ini menjadi proses regeneralisasi akademisi dan jembatan akademiknya untuk mewujudkan empat pilar pendidikan tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya.

Sementara itu, Febriana sebagai Ketua panitia Narasi, menyampaikan harapannya saat ditemui langsung di Sekretariat Himaprodi dalam agenda rapat ketiga Narasi. Ia berharap agar Narasi kali ini berjalan dengan lancar dan pesertanya dapat membangun komunikasi akademik.

“Harapan saya kedepannya semoga kegiatan yang pertama kali akan dilaksanakan ini berjalan dengan baik, dan forum narasi ini baik itu seminar umum maupun seminar paralel dapat membangun komunikasi akademik antar peneliti, dosen, maupun mahasiswa,” tuturnya.

Reporter: Rini Amriani

Estetika Tim