Juri membacakan soal di kegiatan CTBI Open Himaprodi, Jum’at (12/5). foto : Irma Rahmayani.

 

Parangtambung, Estetika – Lomba Debat di kegiatan Olimpiade Pendidikan (Open) dan Pekan Pujangga 2017 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negari Makassar (UNM), yang dihelat di Kampus FBS UNM, telah memasuki hari ke tiga, Jum’at (12/5).

Pada hari ini, lomba debat telah memasuki babak semifinal. SMA Islam Athirah Bone adalah salah satu sekolah yang berhasil masuk kebabak semi final. Menurut Andi Amaliyah Tiara Putri, salah satu siswa yang mewakili SMA Athirah untuk mengikuti babak semi final debat di kegiatan ini, mengungkapkan, Untuk lolos kebabak semi final bukanlah hal yang mudah bagi mereka karena selain dengan usaha juga harus selalu diiringi dengan doa.

“Berbicara soal perjuangan, tentu untuk mencapai sebuah keberhasilan maka kita akan melakukan sebuah usaha dan syukur Alhamdulillah kami masih lolos kebabak semi final,” ungkapnya.

Selain itu, siswa kelas X SMA Athirah ini juga menjelaskan persiapan-persiapan yang telah mereka garap sehingga bisa masuk ke babak semifinal lomba Debat Open 2017.

“Dan untuk lolos kebabak semi final itu juga, kami tidak tanggung- tanggung karena yang pertama, langkah kami tentu memperbanyak literatur-literatur mengenai bahasa dan budaya yang berkaitan dengan tema Open kali ini, kemudian yg kedua, kami memperbanyak latihan. karena sekolah kami itu bukan kali pertama untuk mengikuti debat, jadi, menjadi sisi positif atau keuntungan bagi kami dalam artian kami sudah memiliki pengalaman seputar debat tersebut,” Lanjutnya.

Berbeda dengan SMA Athirah yang berhasil masuk di semi final dan sudah memiliki segudang pengalaman di lomba Debat sebelum-sebelumnya. Terdapat dua SMA yang tidak berhasil masuk ke dalam babak semi final, salah satunya adalah SMA khusus Jenneponto yang ternyata baru kali pertama mengikuti lomba debat pada kegiatan ini. namun, mereka tetap berhasil masuk dalam enam besar.

“Alhamdulillah, karena ini merupakan lomba yang pertama. walaupun tidak lolos ke semifinal, tapi kami (SMA Khusus Jenneponto) sudah lolos di pengisian dua. itu sudah Alhamdulillah sekali karena ini adalah lomba debat untuk pertama kalinya kami ikuti di Open,” Ungkapan salah satu siswa yang mewakili SMA khusus jenneponto dalam lomba Debat.

Di dalam sebuah lomba pasti ada yang menang dan ada juga yang kalah, salah satu siswa SMA Khusus Jenneponto, mengungkapkan kebahagiaanya meskipun mereka tidak berhasil memasuki babak semi final dan tetap memberikan dukungan bagi teman-teman mereka yang berasal dari sekolah lain yang berhasil masuk kebabak semi final.

“Alhamdulillah, saya tetap bahagia karna teman-teman juga ada yang masuk, walaupun bukan disini rejeki kami, siapa tau di depanya nanti karna Allah itu selalu membuat rencana yang lebih baik kepada kita, mungkin bukan kali ini tetapi dilain waktu kami bisa,” Lanjut siswa SMA khusus Jenneponto tersebut.

Reporter : Mayasari

Estetika Tim