Parangtambung, Estetika – Lembaga Center for Language Services (CLS) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan ditransisi dari Jurusan Bahasa Inggris (JBI) menjadi tingkat fakultas di bawah Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LP2P) fakultas, Rabu (2/10).

CLS sendiri merupakan sebuah lembaga di bawah naungan JBI FBS UNM yang menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait bahasa Inggris yakni Test of English as A Foreign Language (TOEFL).

Mengenai transisi CLS, Ketua JBI FBS UNM, Samtidar, menuturkan bahwa lembaga CLS mengalami proses pergantian nama karena akan bertransisi di bawah naungan fakultas.

“CLS namanya yang akan diganti tetapi memiliki peran yang sama dan di bawah naungan fakultas, jadi nanti setiap jurusan akan ada di dalam pengembangan itu sehingga kita tidak berkegantungan dengan pusat, kita berusaha untuk mengelola sendiri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar transisi CLS dapat menciptakan berbagai kegiatan baru.

“Harapan saya semoga masa transisi CLS cepat selesai dan lembaga yang mempunyai nama baru ini bisa lebih bagus dari sebelumnya dan semoga lebih banyak lagi kegiatan, bukan hanya toefl saja,” harapnya.

Di sisi lain, salah seorang mahasiswa JBI, Syafina, mengaku bahwa transisi CLS berdampak pada pengalihan test Toefl hingga transisi CLS selesai.

“Untuk saya sebagai mahasiswa yang mau tamat mungkin kesusahan. Kita butuh tes toefl, tapi karena CLS dalam masa transisi jadi kita tidak bisa tes Toefl, sedangkan kalau ke pusat bahasa atau ke tempat yang lain, jadinya lebih mahal lagi jadi kecewa,” tuturnya.

Reporter: Nurrahmi

Estetika Tim