Makassar, Estetika – Biro Kegiatan Mahasiswa Jurusan (BKMJ) Bengkel Sastra (Bestra) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan kegiatan​ indoor sebagai rangkaian kegiatan Ta’aruf Alam (TA XVIII) di gedung DH FBS UNM, Parangtambung, Makassar, Sabtu (17/3).

Kegiatan yang mengusung tema “Mantra” ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (17-18/3). Dalam kegiatan indoor ini peserta akan memperoleh empat materi, salah satunya adalah Materi Adat yang meliputi Tari, Teater, Musik, dan Sastra.

Pemberian materi adat kepada para peserta TA XVIII, Sabtu (17/3). Foto: Rosnaini/estetikapers.

Ketua Panitia TA XVIII, Febi, mengungkapkan bahwa tema Mantra tersebut diambil berdasarkan akronim dari Manusia Tradisi (Mantra).

“Mantra ini kan akronim dari Manusia Tradisi dan yang melatar belakanginya itu seperti yang kita lihat bahwa tradisi yang ada itu terutamanya di Sulawesi sendiri hampir punah,” ungkapnya.

Para peserta saat menerima materi di ruang DH 102, Sabtu (17/3). Foto: Rosnaini/estetikapers.

Lebih lanjut, Ia mengharapkan kepada calon anggota Bestra agar dapat mengangkat kembali tradisi yang hampir punah.

“Jadi dengan dipilihnya tema ini sebagai tema kegiatan, kami mengharapkan kepada calon anggota Bengkel Sastra agar dapat mengangkat kembali kebudayaan-kebudayaan atau tradisi-tradisi yang hampir punah tersebut terutama di bidang kesenian,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 66 peserta yang terdiri dari 12 peserta laki-laki dan 54 peserta perempuan.

Reporter: Rosnaini

Estetika Tim