Parangtambung, Estetika – Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF) Lembaga Transformasi Intelektual Mahasiswa (eLTIM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Sekolah Filsafat, Sosial, dan Humaniora (Selfish) di depan gedung DH FBS UNM, Kamis (5/9).

Mengusung tema “Idealisme”, kegiatan ini menghadirkan Ilham sebagai pemantik kajian. Selfish sendiri merupakan rangkaian proses pengaderan eLTIM yang diikuti oleh anggota eLTIM sebelum dikukuhkan menjadi pengurus periode 2019-2020 nantinya.

Pemberian materi “idealisme” dalam Selfish eLTIM di depan geduh DH FBS UNM, Kamis (5/9). Foto: Andi St. Aisyah/Estetikapers

Pemantik Kajian, Ilham, menjelaskan bahwa manusia memiliki sistem tersendiri dalam berpikir.

“Immanuel Kant menghadirkan manusia sebagai sosok yang berpikir. Manusia seperti memiliki sistem tersendiri di dalam kepala atau cara berpikir. Manusia sebenarnya memiliki pengetahuan, tapi tidak dapat diperoleh sebelum berinteraksi dengan alam, seperti Rasionalisme (akal) dan Empirisme (pengalaman),” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pengetahuan meruoakan akal murni seorang manusia.

“Pengetahuan yang mutlak sebenarnya memang tidak akan ada bila seluruh pengetahuan datang melalui indera. Akan tetapi, pengetahuan itu datang dari luar melalui akal murni, yang tidak bergantung pada pengalaman,” ungkapnya.

Reporter: Windamayanti & Andi St. Aisyah

Estetika Tim