Tue. May 26th, 2020

ASRATILLAH SENGE BEDAH BUKU HASRAT KEBENARAN DI PHILOSOPHY’S DAY eLTIM

Makassar, Estetika – Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF) Lembaga Transformasi Intelektual Mahasiswa (eLTIM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar bedah buku berjudul “Hasrat Kebenaran” yang dibawakan langsung oleh Muhammad Asratillah Senge selaku pemateri sekaligus penulis buku.

Kegiatan ini terselenggara dalam rangkaian acara eLTIM Phylosophy’s Day yang dimulai pukul 09.00Wita. Kegiatan bedah buku sendiri baru terselenggara sekitar pukul 15.30 Wita tepat di bawah pohon Aristoteles, depan gedung Dg, pada Jumat (7/4).

Buku “Hasrat Kebenaran” ini merupakan karya kedua Muhammad Asratillah Setelah sukses menerbitkan buku pertamanya yang berjudul “Islam Kritis” selama bertandang di Ikatan Muhammadiyah dan Himpunan Mahasiswa Islam Muhammadiyah. Ia pun menjelaskan terkait perbedaan kedua bukunya.

“Buku pertama saya berjudul Islam Kritis itu merupakan kumpulan esai yang tidak jauh berbeda dari buku kedua ini dengan judul Hasrat Kebenaran. Buku kedua ini merupakan kumpulan esai yang saya pilih dari 22 jumlah esai menjadi 5 esai saja”. Ujar Guru besar Ilmu Filsafat itu.

Untuk penerbitan buku Hasrat Kebenaran ini, Muhammad Asratillah Senge mengatakan kepada editornya untuk tidak mengubah isi esai yang ditulisnya. Hal tersebut bertujuan untuk memaparkan keaslian karyanya kepada pembaca sehingga lebih mudah untuk di pahami. Selain itu, ia terinspirasi dari kebenaran Islam yang di dapatkannya melalui Ilmu Filsafat kemudian ia buatkan menjadi kumpulan esai dengan berbagai judul yang terdapat dalam buku kedua tersebut.

Baca juga: Jajanan para Filusuf eLTIM FBS UNM

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa
buku Hasrat kebenaran mengandung unsur-unsur Islam lebih dalam terkait ilmu filsafat.

“Misalnya pada judul esai “Wajah Ambigu dalam Agama” dan “Melampaui Agama” itu semua berlandaskan pada apa yang menginspirasi saya secara pribadi maupun secara kategorisasi dalam Agama dan Ilmu Filsafat itu sendiri,” tegas lelaki berkacamata tersebut.

Reporter: Regina Safitri & St. Fatimah

Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi

Leave a Reply

Skip to toolbar