Mon. Jul 13th, 2020

ASAH CARA BERPIKIR KRITIS, HMPS ACCESS ADAKAN NBA

Makassar, Estetika – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) ACCESS Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2019-2020 mengadakan kegiatan Nonton Bareng Access (NBA) via Zoom Conference, Selasa (30/6).

Kegiatan yang menghadirkan Salman Azis sebagai pemateri ini mengangkat tema “Build the Spirit of Respect and Religious Tolerance with NBA” yang bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dalam mengasah cara berpikir kritis.

Dihadiri sebanyak 56 peserta, kegiatan ini diadakan dengan cara membagikan film dokumenter yang berjudul “Never See at the Differences, Let’s See at the Tolerance” lalu dilanjutkan dengan diskusi bersama membahaa film tersebut.

Pemateri diskusi, Salman Azis, mengatakan bahwa perbedaan bukanlah sebuah sekat yang membatasi manusia dalam menerapkan sikap toleransi antar sesama.

“Seperti yang kita ketahui toleransi merupakan sikap saling menghargai. Nah kenapa kita harus saling menghargai? karena kita ini sama-sama manusia mempunyai hak untuk saling menghargai satu sama lain walaupun kita ini berbeda-beda,” jelasnya.

Senada dengan itu, ia juga menambahkan bahwa sebagai umat beragama sudah selayaknya harus menanamkan sikap toleransi yang tinggi.

“Kita sebagai umat beragama harus menanamkan sifat toleransi karena toleransi merupakan hal yang penting. Islam telah memberikan pedoman sedimikian jelas, bahwa agama tidak boleh di paksakan. Disebutkan pula dalam al-qur’an bahwa, semua orang dipersilahkan memilih agama sesuai keyakinan masing-masing. Lakum dinukum wa liyadin atau Untukmu agamu dan untukku agamaku,” tambahnya.

Reporter: Hudzaifa Afifah Hamka

Leave a Reply

Skip to toolbar