Fri. Oct 30th, 2020

ANTAMA BALLAK SEBAGAI PENYAMBUTAN CALON ANGGOTA BARU BESTRA

Makassar, Estetika – Bengkel Sastra (Bestra) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar Antama Ballak di panggung Bestra Dg. Pamatte FBS, Parangtambung, Rabu (11/4).

Antama Ballak berasal dari bahasa Makassar yang berarti masuk rumah. Prosesi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bestra yang dilaksanakan setelah melawati tahap outdoor.

Antama Ballak yang diikuti 45 calon anggota baru Bestra ini merupakan prosesi yang dilaksanakan Bestra untuk mengenal lebih dalam rumah baru mereka yaitu panggung Dg. Pamatte sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat FBS bahwa Bestra kedatangan calon anggota baru.

Diawali dengan prosesi mematungnya peserta yang tersebar di berbagai sudut kampus ungu FBS, penyebaran mereka sendiri dilakukan agar setiap masyarakat FBS melihat mereka sebagai anggota baru Bestra.

Suasaana saat calon anggota baru Bestra keliling kampus FBS UNM, Rabu (11/4). Foto: Arwini Pratiwi/estetikapers.

Kemudian dilanjutkan dengan proses mengelilingi kampus ungu dan berakhir di samping panggung Dg Pamatte. Prosesi selanjutnya dilanjutkan dengan penyiraman air berisi 7 kembang bunga oleh Kepala Suku (Kepsuk) Bestra, Agus, pada calon anggota baru Bestra, lanjut pemotongan kuku dan terakhir yaitu pemasangan sarung untuk menjunjung tinggi suku Bugis, Makassar, dan Mandar yang tersebar di Sulawesi Selatan.

Ada pun prosesi yang dilaksanakan calon anggota baru Bestra tersebut sebenarnya tidak memiliki makna simbolik tertentu atau makna gaib, seperti yang dijelaskan oleh Suaib Samsul, dewan senior Bestra.

“Sebenarnya tidak ada patokan makna prosesi sebagai pengenalan anggota, gerak-geraknya pun tidak bermakna apa-apa selain untuk menunjukkan kepada masyarakat FBS anggota baru Bestra ini,” jelas laki-laki yang biasa disapa Cua tersebut.

Agus, Kepala Suku Bestra, mengungkapkan manfaat dari acara yang merupakan kegiatan internal ini.

“Kegiatan ini kan internal jadi manfaatnya dari anggota itu sendiri. Yah, supaya mereka tidak canggung lagi untuk datang ke panggung Dg.Pamatte karna ini sudah seperti rumah mereka sendiri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia juga berharap agar setelah terlaksananya kegiatan ini semangat organisasi Bestra semakin meningkat.

Reporter: AM 5 ESTETIKA

Leave a Reply

Skip to toolbar