Gunungsari, Estetika – M. Bachtiar Syamsuddin selaku pembina Himpunan Mahasiswa Program  Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ‘Arsy Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi melepas 46 peserta Muaskar Arabiyyah di depan Gedung Pusat Bahasa Arab dan Studi Islam UNM, Jum’at (8/11).

Suasana pelepasan peserta Muaskar Arabiyyah secara simbolik oleh Ustaz M. Bachtiar Syamsuddin di depan Gedung Pusat Bahasa Arab dan Studi Islam UNM, Jumat (8/11). Foto: Asmaul Husnah/Estetikapers.

Kegiatan yang diikuti oleh Mahasiswa Baru (Maba) PBA UNM ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan merupakan Program Kerja (Proker) Divisi Advokasi HMPS PBA ‘Arsy FBS UNM. Sebelumnya kegiatan ini bernama PBA Weekend yang kemudian diganti menjadi Muaskar Arabiyyah yang berarti Perkampungan Bahasa Arab. Kegiatan yang dihadiri oleh Fungsionaris LK FBS UNM akan dilaksanakan di Desa Dewi lamsang, kel. Lalabbirang kec. Minasa te’ne Kab. Pangkep, selama 3 hari, Jumat-Ahad (8-10/11).

Ketua Panitia Muaskar Arabiyyah, M. Ilham, menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara mahasiswa baru dan senior-senior PBA.

“Muaskar Arabiyyah ini bertujuan untuk bagaimana mahasiswa baru saling mengenal dengan seniornya yang orang makassar sering istilahkan dengan sipakatau,” jelas mahasiwa angkatan 2018 tersebut.

Di sisi lain, Ketua Umum HMPS PBA ‘Arsy FBS UNM, Uswah Mujahidah Rasuna Said, berharap mahasiswa angkatan 2019 tetap berproses, solid dan bersemangat.

“Diharapkan kepada teman-teman mahasiswa angkatan 2019, semoga tetap berproses di dalamnya, tetap solid dan tetap jaga semangatnya,” harapnya.

Reporter: Asmaul Husnah

Tim Estetika